Rabu, 17 September 2014

Cicipi Masakan Khas Lombok Yang Super Pedas yuuk

Kecanduan lapar dalam tengah tamasya keindahan pulau lombok? Rileks, kepada kamu yang mesti banget makan nasi demi menghilangkan kelaparan, ada Nasi Balap Puyung Pulau Lombok yang siap menemani santap sarapan atau siang anda.

Nasi balap puyung tersebut selalu terkenal yaitu kuliner khas pulau lombok. Cita rasa nya yang khas juga rasanya yang pedas wajib meningkatkan nafsu makan anda dalam tengah balada kelaparan di pulau lombok. Nasi balap puyung terdiri dari dari Nasi Putih, Ayam Pelecingan, Ayam Kering juga Kacang Kedele, dan sambal ayam pedas yang khas. Kecewa pedas? Tenang, kacang kedele dalam nasi balap puyung tersebut berguna untuk memangkas level kepedasanan makannya.

Nasi Balap Puyung

Keingintahuan kenapa namanya Nasi Balap Puyung?

Dahulu kala di tahun 1970-an, berada seorang Ibu bernama Inaq Esun yang menjual makanan tersebut pada Pasaran Kebon Roek (Mataram) juga sistem yang unik, yakni sistem barter. Jadi, seluruh pembeli nasi Inaq Esun membayar dengan barang keperluan yang lain.

Berlanjut di season 90-an, pada akhirnya Nasi ini diberikan nama Nasi Balap Puyung. Kenapa? Dikarenakan salah satu cucu Inaq Esun, seorang pembalap lokal, seringkali memenangkan perlombaan balapan. Nah, setiap cucu nya Inaq Esun ini unggul balap, ia tetap mentraktir teman-temannya makan di warung miliki neneknya ini. Dari sinilah nama Nasi Balap Puyung? lahir.

Sejak ketika itu, sejak lah diperhatikan Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun.

Lokasi Nasi Balap Puyung
Ketika tersebut, telah mulai dominan tempat-tempat makan yang menyuguhkan Nasi Balap Puyung. Unuk lokasi makan asli nya selalu terletak dalam Desa Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Tertarik untuk balapan dan nasi? Eh, makan nasi balap puyung maksudnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar